Cara Membuat Desain ISOMATRIK di INKSCAPE




Tutorial Membuat Desain ISOMATRIK di INKSCAPE | Ilmuversity - Sobat, sebagai sebuah software pengolah vektor yang dikenal GRATIS dan OpenSource, tentu INKSCAPE menurut saya adalah software pengolah vektor paling Unggul di kelas Freeware. Apalagi dengan UI baru dengan kemampuan untuk menyesuaikan tema dan ikon Sobat, dialog Efek Jalur Langsung baru, mode X-ray, tampilan split, dan inversi sumbu Y! Sehingga menjadikan Inkscape menjadi perangkat lunak grafik vektor gratis yang mirip dengan Adobe Illustrator dan Affinity Designer, dan kalo saya sendiri sih lebih mirip dengan COREL DRAW.

Inkscape saat ini sudah mencapai Inkscape versi 1.0, ARTINYA INI UDAH KAYAK BLENDER 3D AJA YANG UDAH MELALUI MASA INKUBASI, perkembangan yang begitu pesat saya rasa sejak INKSCAPE pertama kali diluncurkan.

Harganya yang Gratis pun ( tapi bagi yang punya rejeki lebih bisa donasi ) dapat membuat banyak desainer disemua kalangan untuk bisa desain. Hanya perlu menyediakan Hardwarenya saja dan kembangkan kreatifitas..

Nah jadi udah gak kepikiran lagi masalah biaya khan, kalian tinggal explore fitur yang ditawarkan, seperti yang akan kita bahas kali ini nih sob, yaitu ISOMATRIK Desain.

Apa itu Desain ISOMATRIK


Sederhananya, desain isometrik adalah metode menggambar / membuat objek tiga dimensi dalam dua dimensi. Ikon isometrik adalah perpanjangan dari teknik desain ini dan tempat di mana tren ini tampaknya mengambil traksi paling banyak. Ini berfungsi karena ikon isometrik memiliki bentuk, kesederhanaan, dan kedalaman.

Apa sudut gambar ISOMATRIK?


Sudutnya adalah 30 derajat!
Gambar isometrik adalah cara menyajikan desain / gambar dalam tiga dimensi. Agar desain muncul tiga dimensi, sudut 30 derajat diterapkan ke sisinya. Lawan kubus, telah ditarik dalam proyeksi isometrik.


Apa itu gambat isometrik?


Proyeksi isometrik adalah metode untuk secara visual mewakili objek tiga dimensi dalam dua dimensi dalam gambar teknik dan teknik. Ini adalah proyeksi aksonometrik di mana ketiga sumbu koordinat tampak sama-sama foreshortened dan sudut di antara keduanya adalah 120 derajat.


Apa aturan gambar isometrik?


Ini adalah Aturan proyeksi Isometrik:

  • Objek Isometrik harus digambar menggunakan garis vertikal dan garis horizontal. ...
  • Sudut antara ketiga sumbu harus 120 derajat. ...
  • Proyeksi isometrik menunjukkan tiga wajah dari suatu objek, dan mereka semua sama-sama forortort.


Apa itu skala isometrik?

Skala Isometrik. Proyeksi isometrik digambar menggunakan skala isometrik, yang mengubah panjang sebenarnya menjadi panjang isometrik yang diperkirakan sebelumnya. "Tepian suatu objek foreshortened" berarti bahwa "ujung-ujungnya tampak seolah-olah diperpendek".


Bagaimana Anda menghitung panjang isometrik?

Jika kita merepresentasikan sebuah kubus dalam tampilan isometrik, diagonal permukaan atas kubus sama dengan panjang sebenarnya dari diagonal. Dari itu dengan menggambar kotak aktual di sekitarnya dan kemudian menghitungnya memberi (1 / cos 30) / (1 / cos 45) = isometrik / true = 0,815. 3. Panjang dalam gambar garis isometrik adalah 20 cm.


Bagaimana Membuat ISOMATRIK di INKSCAPE?

Sebenarnya, membuat ISOMATRIK di Inkscape itu tidak sulit kok, cuman memang kita perlu sabar dan telaten, sehinggan bisa deh membuat salah satu desain Perspektif. Bagi yang belum mengetahui caranya, saya yakin itu alasan sobat mampir di Blog Ilmuversity ini.

Tenang disini saya kasih cara membuat Desain Isomatrik di Inkscape.

Langkah 1


Silahkan kalian Download dulu Inkscapenya.. hehe lalu instal.. untuk downloadnya, kalian bisa langsung pergi ke link Download Inkscape terbaru.


Setelah Download langsung Instal gih...

Langkah 2


Buka Inkscapenya, buat New Dokumen, caranya Klik File -> New




Langkah 3


Silahkan pergi ke bagian File -> Document Properties, kira kira seperti ini lah..


dan nanti kalo sudah kalian klik itu Document Properties, atau bisa langsung kalian pakai shortcut di keyboard SHIFT + CTRL + D maka akan muncul kotak dialog seperti ini


silahkan langsung pilih tab Grid, lalu ubah Rectangular Grid jadi AXONOMETRIC GRID , lalu kalo udah klik tombol NEW disampingnya.


Setelah itu close atau tutup window dengan klik tombol X di pojok kotak dialog tersebut.
kalo kalian berhasil maka akan muncul GRID buat membantu kita membuat ISOMETRIK desain.
tetapi disini mungkin kalian PERLU Zoom In Zoom Out atau biasakan pakai CTRL diteken + Scroll Mouse ke atas buat Zoom In dan Scroll Mouse kebawah buat Zoom Out.


Jika masih pengen KEPO, silahkan liha MATERI VIDEO supaya lebih jelas.












yang di tulis oleh
Redaksi - Ilmuversity
Tahun 2020 - All Right Reserved
Facebook : Ilmuversity
Twitter : Ilmuversity
Youtube : Ilmuversity


- Dilarang Mengcopy Artikel tanpa Seizin Penulis -


0 Comments

Post a Comment


Tutorial Adobe Premiere




Tutorial Blogger