Cara Membuat Desain ISOMATRIK di INKSCAPE

Tutorial Membuat Desain ISOMATRIK di INKSCAPE | Ilmuversity - Sobat, sebagai sebuah software pengolah vektor yang dikenal GRATIS dan OpenSource, tentu INKSCAPE menurut saya adalah software pengolah vektor paling Unggul di kelas Freeware. Apalagi dengan UI baru dengan kemampuan untuk menyesuaikan tema dan ikon Sobat, dialog Efek Jalur Langsung baru, mode X-ray, tampilan split, dan inversi sumbu Y! Sehingga menjadikan Inkscape menjadi perangkat lunak grafik vektor gratis yang mirip dengan Adobe Illustrator dan Affinity Designer, dan kalo saya sendiri sih lebih mirip dengan COREL DRAW.

Inkscape saat ini sudah mencapai Inkscape versi 1.0, ARTINYA INI UDAH KAYAK BLENDER 3D AJA YANG UDAH MELALUI MASA INKUBASI, perkembangan yang begitu pesat saya rasa sejak INKSCAPE pertama kali diluncurkan.

Harganya yang Gratis pun ( tapi bagi yang punya rejeki lebih bisa donasi ) dapat membuat banyak desainer disemua kalangan untuk bisa desain. Hanya perlu menyediakan Hardwarenya saja dan kembangkan kreatifitas..

Nah jadi udah gak kepikiran lagi masalah biaya khan, kalian tinggal explore fitur yang ditawarkan, seperti yang akan kita bahas kali ini nih sob, yaitu ISOMATRIK Desain.

Apa itu Desain ISOMATRIK


Sederhananya, desain isometrik adalah metode menggambar / membuat objek tiga dimensi dalam dua dimensi. Ikon isometrik adalah perpanjangan dari teknik desain ini dan tempat di mana tren ini tampaknya mengambil traksi paling banyak. Ini berfungsi karena ikon isometrik memiliki bentuk, kesederhanaan, dan kedalaman.

Apa sudut gambar ISOMATRIK?


Sudutnya adalah 30 derajat!
Gambar isometrik adalah cara menyajikan desain / gambar dalam tiga dimensi. Agar desain muncul tiga dimensi, sudut 30 derajat diterapkan ke sisinya. Lawan kubus, telah ditarik dalam proyeksi isometrik.


Apa itu gambat isometrik?


Proyeksi isometrik adalah metode untuk secara visual mewakili objek tiga dimensi dalam dua dimensi dalam gambar teknik dan teknik. Ini adalah proyeksi aksonometrik di mana ketiga sumbu koordinat tampak sama-sama foreshortened dan sudut di antara keduanya adalah 120 derajat.


Apa aturan gambar isometrik?


Ini adalah Aturan proyeksi Isometrik:

  • Objek Isometrik harus digambar menggunakan garis vertikal dan garis horizontal. ...
  • Sudut antara ketiga sumbu harus 120 derajat. ...
  • Proyeksi isometrik menunjukkan tiga wajah dari suatu objek, dan mereka semua sama-sama forortort.


Apa itu skala isometrik?

Skala Isometrik. Proyeksi isometrik digambar menggunakan skala isometrik, yang mengubah panjang sebenarnya menjadi panjang isometrik yang diperkirakan sebelumnya. "Tepian suatu objek foreshortened" berarti bahwa "ujung-ujungnya tampak seolah-olah diperpendek".


Bagaimana Anda menghitung panjang isometrik?

Jika kita merepresentasikan sebuah kubus dalam tampilan isometrik, diagonal permukaan atas kubus sama dengan panjang sebenarnya dari diagonal. Dari itu dengan menggambar kotak aktual di sekitarnya dan kemudian menghitungnya memberi (1 / cos 30) / (1 / cos 45) = isometrik / true = 0,815. 3. Panjang dalam gambar garis isometrik adalah 20 cm.


Bagaimana Membuat ISOMATRIK di INKSCAPE?

Sebenarnya, membuat ISOMATRIK di Inkscape itu tidak sulit kok, cuman memang kita perlu sabar dan telaten, sehinggan bisa deh membuat salah satu desain Perspektif. Bagi yang belum mengetahui caranya, saya yakin itu alasan sobat mampir di Blog Ilmuversity ini.

Tenang disini saya kasih cara membuat Desain Isomatrik di Inkscape.

Langkah 1


Silahkan kalian Download dulu Inkscapenya.. hehe lalu instal.. untuk downloadnya, kalian bisa langsung pergi ke link Download Inkscape terbaru.


Setelah Download langsung Instal gih...

Langkah 2


Buka Inkscapenya, buat New Dokumen, caranya Klik File -> New




Langkah 3


Silahkan pergi ke bagian File -> Document Properties, kira kira seperti ini lah..


dan nanti kalo sudah kalian klik itu Document Properties, atau bisa langsung kalian pakai shortcut di keyboard SHIFT + CTRL + D maka akan muncul kotak dialog seperti ini


silahkan langsung pilih tab Grid, lalu ubah Rectangular Grid jadi AXONOMETRIC GRID , lalu kalo udah klik tombol NEW disampingnya.


Setelah itu close atau tutup window dengan klik tombol X di pojok kotak dialog tersebut.
kalo kalian berhasil maka akan muncul GRID buat membantu kita membuat ISOMETRIK desain.
tetapi disini mungkin kalian PERLU Zoom In Zoom Out atau biasakan pakai CTRL diteken + Scroll Mouse ke atas buat Zoom In dan Scroll Mouse kebawah buat Zoom Out.


Jika masih pengen KEPO, silahkan liha MATERI VIDEO supaya lebih jelas.












yang di tulis oleh
Redaksi - Ilmuversity
Tahun 2020 - All Right Reserved
Facebook : Ilmuversity
Twitter : Ilmuversity
Youtube : Ilmuversity


- Dilarang Mengcopy Artikel tanpa Seizin Penulis -


Mengatasi Layout Workspace Adobe Premiere yang Berantakan

Jika belum pernah menghadapi permasalahan ini, atau baru pertama kali, pasti temen temen Pusing deh dan pengen nutup adobe premiere.. hehe, ketika layout workspace atau area kerja ADOBE PREMIERE CC amburadul alias berantakan.

Tapi tenang, berikut ini Panduan Mengatasi Layout Workspace Adobe Premiere yang Berantakan bagi sobat yang memiliki Monitor Resolusi Rendah seperti saya, ketika ngedit di Adobe Premiere Pro CC 2019.
Resolusi Monitor Saya 1360 x 768

oh iya, resolusi segitu adalah resolusi juga minimal ketika pake adobe premiere cc yang versi terbaru, karena requirement minimal adobe pro cc 2017 ke atas.. walau dari situs adobenya, resolusi paling mentog 1280 x 800... proce Intel® 6thGen or newer CPU – or AMD equivalent,






yang di tulis oleh
Redaksi - Ilmuversity
Tahun 2020 - All Right Reserved
Facebook : Ilmuversity
Twitter : Ilmuversity
Youtube : Ilmuversity


- Dilarang Mengcopy Artikel tanpa Seizin Penulis -


Pembelajaran Adobe Photoshop Gratis - 4 Teknik Seleksi

Halo teman - teman Mungkin ada yang bertanya-tanya, bagaimana menyeleksi bagian tertentu, tapi ada area yang tidak ingin diseleksi malah ikut terseleksi ?



Ingin dihapus tapi malah belum tau caranya ? pada VIDEO TUTORIAL ADOBE PHOTOSHOP kali ini kita akan membahas 4 teknik seleksi yang cepat, baik, dan rapi dengan menggunakan Adobe Photoshop CC.

Ini termasuk salah satu Ilmu Dasar Adobe Photoshop ya temen temen.. Jadi cocok buat kalian yang masih mau belajar dari awal tutorial photoshop sebelum ke tingkat selanjutnya. Banyak sih sebenarnya yang manggil teknik ini croping foto, tetapi disini kita manggilnya teknik seleksi.

Tutorial Adobe Photoshop ( 4 Teknik Seleksi ) ini terdiri dari :
1.Teknik Seleksi Gambar dengan Quick Selection Tool - Menit ke 1:26
2.Teknik Seleksi dengan Color Range - Menit ke 8:39
3.Teknik Seleksi Rambut dengan Pen Tool dan Select and Mask - Menit ke 10:59
4.Teknik Seleksi dengan Quick Mask dan Brush - Menit ke 22:34

Pada Tutorial ini terdapat juga materi tentang Substract From Selection dan jajarannya.. jadi stay Watching.. di Menit ke 4:51 hihi

 Oke ya udah Gw maping Juga ya untuk menitan Tutorial Seleksi Fotonya Tutorial Ini Gratis, InsyaAllah untuk mengamalkan Ilmu yang dimiliki

Tonton Juga : Desain Layout Pas Photo segala Ukuran CETAK || ADOBE PHOTOSHOP 👉 https://www.youtube.com/watch?v=WCLvgV_rEi0&t=5s

 ////
✉ Untuk Pertanyaan bisa langsung disematkan di Komentar, Kritik dan Saran juga silahkan,
//////////
Ilmuversity Social Media :
☑Facebook = http://facebook.com/ilmuversity
☑Twitter = http://twitter.com/ilmuversity



Tutorial dalam Bentuk Tulisan bisa diakses di Website Resmi Ilmuversity di http://ilmuversity.pasarsambilan.com 👉 Punya pertanyaan atau ingin share sesuatu ? Gabung di komunitas (fans page) Ilmuversity : https://facebook.com/ilmuversity follow instagram kami : @ilmuversity – 🖥 Lihat playlist series ini : Tutorial, Tips, dan Trik Adobe Photoshop 📫 kontak kami: ilmuversity@gmail.com – 👊 Suka dengan kontennya ? dukung kami dengan subscribe, like n share Ingin ikut membangun Ilmuversity menjadi lebih baik? Sematkan komentar positif dan membangun ya.. #AdobePhotoshop #Tutorial





yang di tulis oleh
Redaksi - Ilmuversity
Tahun 2020 - All Right Reserved
Facebook : Ilmuversity
Twitter : Ilmuversity
Youtube : Ilmuversity


- Dilarang Mengcopy Artikel tanpa Seizin Penulis -


Cara Membuka File Adobe Premiere Pro CC Versi Terbaru di Adobe Premiere versi Sebelumnya

Cara Membuka File Adobe Premiere Pro CC Versi Terbaru di Adobe Premiere versi Sebelumnya

 mungkin bagi beberapa orang yang cerah ini tidak terlalu berguna yang karena mungkin tidak mengalami permasalahan yang menyangkut tentang itu misalnya dia mengerjakan Project di Adobe Premiere versi 2019 Dan suatu ketika dia harus membuka di Adobe Premiere versi sebelumnya, karena kita tahu bahwa Adobe Premiere Project itu tidak bisa dibuka di versi sebelumnya dan nanti akan keluar error yang menyatakan bahwa file tidak bisa dibuka karena file di luar di Adobe Premiere versi terbaru, nah lalu Bagaimana sih cara mengatasi hal tersebut Bagaimana cara membuka file Adobe Premiere versi terbaru di Adobe Premiere versi sebelumnya

Nah sebelum sobat ilmu versity lanjut ke tahap selanjutnya maka silahkan kalian download 7-zip dimana ini merupakan salah satu aplikasi yang bisa membuka file terkompresi seperti, rar, Zip, dan beberapa format file kompresi mainnya secara gratis, karena ini nanti akan kita gunakan untuk tutorial ini.

Untuk memperjelas tips kali ini, kita juga membuat versi videonya sehingga bisa kalian lebih pahami jika memang membutuhkan penjelasan lebih.

Untuk cara membuka file Adobe Premiere Pro versi terbaru di Adobe Premiere Pro versi sebelumnya adalah sebagai berikut :

1. Pastikan file Adobe Premiere nya disimpan dalam 1 folder dengan source Project, agar memudahkan pemindahan.
2. Klik Kanan pada project Adobe Premiere Pro cc yang berekstensi .prproj
3. Pilih "extract here" menggunakan 7-zip, Oh ya sebelumnya pastikan kalian sudah menginstal 7-zip yang kalian download tadi di PC kalian.
4. Di situ nanti kalian akan menemukan file. Xml, lalu Bukalah file xml tersebut menggunakan Notepad
5. Setelah itu pada kode xml yang muncul ketika kalian membuka file dengan ekstensi dan xml tersebut di Notepad, kalian cari pada bagian version number pada baris atas sendiri, lalu Ubahlah version number "nomer versinya" menjadi "1", lalu kalian simpan.
6. Nah setelah kalian berhasil menyimpannya ke dalam format xml yang tadi, silakan kalian Klik Kanan pada file xml yang telah dirubah tadi lalu pilih 7-zip, dan pilih lagi Add to Archieve.
7. Pada kotak dialog yang muncul, silahkan pilih format ekstensi file kompresi .gz
8. Lalu silahkan sobat Ilmuversity ubah format .gz tersebut ke format .prproj atau format adobe premiere
9. Nah akhirnya sobat selesai juga membuat file project premiere yang nisa dibuka di adobe premiere versi sebelumnya. Usahakan untuk ditempatkan di folder yang sama dengan  source video, musik dan gambar yang digunakan, sehingga nanti sobat ilmuversity bisa lebih mudah dalam memindahkan file, karrna tinggal copy 1 folder.


Nah ketika kalian membuka file yang telah kita buat tadi Mungkin dalam beberapa kasus kalian akan menemukan kotak dialog yang menyuruh kita untuk melakukan penghubungan dengan file-file yang ada lakukanlah seperti biasa kalian tinggal hubungkan atau replace file sesuai dengan nama yang dibutuhkan titik makanya Kenapa di sini Saya menyarankan kalian untuk Ika membuat Project baru, jadikanlah ah video audio gambar menjadi satu folder, sehingga ketika muncul hal demikian maka akan menjadi lebih mudah dalam melakukan replace footage.


Ada cara lebih gampang, yang mempunyai konsep yang sama, tetapi kalian tidak perlu membuka kode dan bermain xml, silahkan kunjungi 

Nah langsung upload file .prproj atau file premiere mu, setelah itu convert..
Dan Blezzzzzzzz.... file kamu udah jadi tinggal download lalu open deh.. gampang.

Semoga untuk tutorial kali ini dapat bermanfaat.




Salam Ilmuversity!
Creative and Keep Learning!


10 Keyboard Shortcut Penting untuk Editor Video di Adobe Premiere

Sebagian besar aplikasi memang memiliki pintasan keyboard yang fungsinya tentu mempercepat proses kinerja sobat, Seperi yang udah ane jelasin di posting sebelumnya tentang Hal apa saja yang membuat Editing Video kita Lama. Seharusnya editor video tahu bahwa menggunakan pintasan untuk tindakan yang berulang seperti memutar rekaman, menetapkan titik masuk dan keluar, memasukkan, dan memotong, sangat penting.




Adobe Premiere Pro juga memiliki ratusan perintah yang tidak dipetakan secara default, jadi menghabiskan beberapa menit di jendela Pintasan Keyboard untuk memetakan tata letak khusus sobat dapat mengubah lebih banyak waktu pengeditan menjadi waktu yang kreatif buat sobat.

Berikut adalah 10 cara pintas default yang harus sobat ketahui, dan 10 cara pintas yang layak pemetaan, dari beberapa pengalaman yang ane alamin :

10 Pintasan Keyboard Default yang Berguna
Ini berfungsi dengan tata letak default. Buka menu File (atau menu Premiere Pro CC di Mac) dan pilih Pintasan Keyboard> Preset Layout Keyboard> Adobe Premiere Pro Default jika belum dipilih.

1. Untuk memperluas dan meminimalkan trek audio maupun video Sobat, gunakan Shift + = / -. Ctrl + = / - (Cmd + = / -) hanya menangani tinggi trek video, dan Alt + = / - (Opt + = / -) hanya tinggi track audio. Ingat ya, ( shortcut ini Berfungsinya di TimeLine )

2. Tombol backslash (\) akan memperbesar urutan Sobat untuk menampilkan semua yang ada di timeline. Jauh lebih cepat daripada menekan - dan + bar gulir. Jadi kayak menampilkan keseluruhan timeline secara langsung. ( Ingat ya, shortcut ini Berfungsinya di Program Monitor dan TimeLine )

3. Menyetel poin Masuk dan Keluar pada Source Monitor dengan tekan I untuk awal dan tekan O untuk akhir. Anda dapat menghapus poin Masuk dan Keluar dengan Ctrl + Shift + I (Opt + I), Ctrl + Shift + O (Opt + O), dan Ctrl + Shift + X (Opt + X) untuk keduanya. ( Ingat ya ini untuk Source Monitor )

4. X akan menandai klip di bawah Playhead, tetapi tombol / (garis miring) akan mengatur Masuk dan Keluar di sekitar semua klip yang saat ini telah Anda pilih.

5. D adalah pintasan keyboard untuk Select Clip at Playhead. Sangat bermanfaat!

6. Untuk Hapus Pilihan Semua klip, efek, atau apa pun yang dipilih / Deselect, tekan Shift + Ctrl + A (Shift + Cmd + A di Mac).

7. Menekan Ctrl + K (Cmd + K) memotong klip menjadi dua. Fungsi Ini seperti menggunakan Razor Tool (c) sob, hanya lebih cepat. Ini berfungsi pada trek aktif. Tambahkan tombol pengubah Shift, dan Anda memotong semua klip di bawah Playhead menjadi dua, jadi nggak hanya trek aktif saja.

8. Ripple Trim Previous Edit to Playhead (Q) dan Ripple Trim Next Edit to Playhead (W) sangat diperlukan untuk melakukan pemotongan kasar. Cukup gerakkan Playhead ke tempat Anda ingin potong, tekan Q atau W, dan wilayah antara Playhead dan edit sebelumnya atau berikutnya akan dihapus dan ini seperti halnya kalian motong lalu ripple delete... ini udah langsung ripple delete ( hehe ) tapi yo beda rek...kalo ini dia langsung motong sampai ada video yang berbeda atau potongan video lain. Jenis pemangkasan ini disebut Penyuntingan Top & Tail Editing, dan sejauh ini merupakan cara tercepat untuk menghapus bagian-bagian yang tidak diinginkan dari sebuah klip. Fakta menyenangkan: Insinyur Adobe menambahkan perintah ini atas permintaan The Cool Stuff di penulis Premiere Pro Jarle Leirpoll.

9. F adalah untuk Match Frame. klik klip apa pun secara berurutan dan tekan F untuk membuka klip master di Source Monitor pada frame yang sama persis seperti klip yang di klik tadi.

10. Yang sebaliknya Perintah F tadi yaitu perintah Reverse Match Frame. Saat playhead diaktifkan pada bingkai di Source Monitor, Shift + R membawa Playhead yang ada di Program Monitor sama letak playheadnya seperti yang ada di Source Monitor. Terus tekan Shift + R, dan Anda akan menggilir semua contoh frame itu secara berurutan. Manteb kan... ini berguna banget ketika video di timeline atau di program monitor sobat udah dikasih banyak efek zooming bahkan.


Nah Jadi seperti itu ya sobat tips tentang Editing Video Menggunakan Adobe Premiere kali ini, jangan lupa seperti biasa jika ada tambahan, silahkan sobat taruh tambahan itu di kotak komentar.


Salam Ilmu



yang di tulis oleh
Redaksi - Ilmuversity
Tahun 2019 - All Right Reserved
Facebook : Ilmuversity
Twitter : Ilmuversity
Youtube : Ilmuversity


- Dilarang Mengcopy Artikel tanpa Seizin Penulis -


5 Hal Penyebab Proses Editing Video Lama

Hello temen temen, jumpa lagi dengan Ilmuversity, pada sesi kali ini nih kita akan bahas 5 Hal Penyebab Editing Video kita Lama ,  ya mungkin dari kita memiliki aliran software yang berbeda beda ya, misal si A pakai Adobe Premiere, si B pakai Edius, si C pakai Sony Vegas, si D pakai Ulead, si E pakai Filmora atau si F pakai Hitman Pro.. hmmm itu sah sah saja, karena tiap editor itu memiliki kesukaannya masing masing.




Memang sih kita pernah bahas 2 Software Editing Legendaris, si Edius dan Adobe Premiere, dan juga udah ada beberapa tutorial yang mewakili hal itu walaupun tutorialnya mungkin masih jauh dari sempurna atau masih kurang bisa dilihat disini Kumpulan Tutorial Adobe Premiere, dan jika sobat cenderung suka Edius, kita juga ada beberapa tutorialnya di Kumpulan Tutorial Edius.

Ya itulah software legend yang dulu diajarkan di sekolahan waktu SMK, eh ada satu lagi sih, Sony Vegas... Pernah tau kah kalian sobat? Kalau pernah tau atau bahkan memakainya.. berarti sobat adalah si C, hehe, ya menurutku sony Vegas juga merupakan bagian dari Grup Software Legendaris... Ulead Juga ding.. ampe lupa ane, itu Ulead dulu software Editing Paling Gampang dan Simple, kalo sekarang sih itu kayak Filmora, semua serba simple, tapi ya efeknya sedikit sih, lebih banyak Filmora.. kayaknya asik deh ya kalo bahas Filmora... ehehehehe tinggal Plug n Play.. wkwkwk

Tetapi pada postingan kali ini 5 Penyebab ini adalah global ya untuk semua software.. hehe jadi bukan si A pakai Adobe Premiere, si B pakai Edius, si C pakai Sony Vegas, si D pakai Ulead, si E pakai Filmora atau si F pakai Hitman Pro atau software lain lagi ya.. we are Unity, apapun softwarenya tetap sama sama Software Editing Video kan ^_^ tinggal Teknik Editingnya aja ya yang beda beda..

Oke deh udahan dulu ya.... wkwkwk
Enggak engak.. cuma bercanda, masak belum bahas inti postingan udah maen kabur aja.. gimana sih ini mimin.. hihi

Inilah 5 Hal Penyebab Proses Editing Video Lama, yang merupakan artikel Orisinil dari Ilmuversity ya, dari sudut pandang pribadi dan pengalaman selama ini selama bertahun tahun di dunia Editing Video... Ups keceplosan.. ketahuan deh basic ane disitu...

1. Kamu belum SATU HATI DENGAN SOFTWARE



Satu hati ini bukan hatinya jadi satu.. bukan, mana ada software punya hati... Adane Rempelo.. wkwk
Maksudnya, kamu belum paham betul dengan software yang kamu pakai, artinya, kamu hanya ikut ikutan doang.
Misal ada artis yutube tren pake software C katanya softwarenya gampang, mudah, kamu langsung deh ikut ikutan dan jadi sering beragumen bahwa software C paling bagus.. hehe,. kalo mau beragumen gitu, tambahkan "Menurut Aku", "Menurut Gw", "Menurut Ane" d el el hehe, karena bisa saja Software C katanya paling bagus tuh.. tapi ternyata hasil editannya kalah ama software D misalnya, jadi artinya.. sebenarnya perankingan software paling bagus itu adalah personality, atau menurut orang yang memakainya.
BTW, Sobat harus mengenal lebih dalem dulu tuh softwarenya, tentunya dengan sering berduaan  dan saling bercengkrama ama softwarenya, pasti sobat akan menjadi teman akrab deh..( Maksudnya Sering sering Gunakan tuh Software buat Ngedit Video ) Jangan Malas juga buat Search tutorial seputar software tersebut, biasanya dikomunitas ya, kayk di web, fb atau bahkan media sosial. Ketik aja lah softwarenya, misal, " Komunitas Adobe Premiere " nah disitu sobat akan berjumpa dengan orang yang memiliki passion dan kesukaan yang sama terhadap software Editing Video tersebut.


2. Kamu nggak Ngapalin Shortcut


Bagi editor video apalagi editor berita, yang dituntut cepet tuh emang shortcut musti sobat apalin, ya ndak hanya editing video berita aja lhoh ya, tapi juga Editing Video Lainnya. Nggak ada salahnya kan kamu ngapalin, karena dijamin itu akan mempercepat editing video sobat, dan daya pikir sobat juga menjadi lebih Tangkas!.. ehehe,
Eh bentar, adakah yang belum tau apa itu ShortCut??? Oke deh ane jelasin yak, biar nggak ngambang Pembahasan ini..
Shortcut bisa dimaknai sebagai jalan pintas/cara cepat untuk menjalakan suatu diprogram komputer, ( dalam hal ini adalah software editing video ) biasanya terdiri dari satu tombol fungsi dari dua tombol atau lebih ketika tombol tersebut di tekan.
Misalnya nih Ctrl+S buat ngesave .. dan itu Global banget bukan... ane rasa sobat tahu lah, karena pelajaran di SMP dulu aja ada MS. Word dan disitu biasanya guru ane nerangin CTRL + S kalo udah ya, atau ini langsung aja CTRL+C lalu CTRL+V enaf wkwkwk

Contohnya kayak Gini :


Kayak gitu lah ya Shortcut...Selebihnya bisa cari di Google.. hihi


3. Kamu Nggak Memanajemen Footage dan komponen Video Lain



Tak bisa dipungkiri lagi, yang namanya Editing Video takkan bisa terlepas dari yang namanya Footage... ya eya lah, masak gak ada footage, mana jadi video.. eh yang belum tau apa itu FOOTAGE , akan ane jelasin ya.. biar fair...
Footage itu adalah materi mentah hasil rekaman langsung dari kamera film atau kamera video, Jadi bagaimana kamu memanajemen Footage ini juga akan berpengaruh, karena jika kamu asal masukin aja ya.. nanti kamu bisa bingung.. bagian yang mana sih yang mau dipakai, kalo langsung dikerjakan sih ndak masalah, tapi kalo buat besok besoknya... dan nanti Footagenya numpuk lagi dengan yang baru kan jadinya repot.

Pernah ada sih Youtuber yang bahas tentang hal ini kaya Bang GoenRock, tentang memanajemen footage, disitu juga membahas tentang pentingnya metadata video, meta data merupakan keterangan yang ditulis oleh device kamera kamu , biasanya berupa waktu perekaman... dan sebenernya da opsi juga untuk memberikan meta data berupa tempat pengambilan gambar atau video.

Nah kalo pribadi Sebenere kalo ane sih biasanya Folder Footage itu ane pisahkan antara footage yang hanya dipakai saat acara itu dan footage yang dipakai berkelanjutan.
Kalo Footage yang dipakai berkelanjutan itu ane jadikan Stock Video dan ditaruh bersama Folder Sound Fx, Sound Instrument, Gambar dan Pendukung Editing Video Lainnya,
Sedangkan untuk Footage yang dipakai dalam 1 Dokumentasi, biasanya ane taruh ke Project Order ( Karena biasanya sih Order Dokumentasi Acara gitu )

Manajemen Sound Efek, Bumper, Instrument Musik, Title Video, itu juga penting, hal ini sebenarnya bisa di rangkum sebagai Komponen video Laiannya seperti yang tertera pada sub judul ya.
Jadi Usahakan untuk memanajemen itu, menatanya menjadi Folder yang terpisah. Sehingga proses editing kedepannya menjadi lebih mudah.. tinggal Plug n Play...

4. RAM kamu Rendah


Pada poin nomer empat ini jangan anggap remeh ya.. karena jujur saja, yang namanya Editing Video itu bukanlah proses abal abal, artinya tidak sekedar nggatukke Video 1 dengan Video lainnya.. nah ini penting nih buat kamu yang suka meremehkan profesi ini, kalo yang namanya nggatukke video aja mah itu namanya gak di edit...



Coba bayangkan untuk ukuran video sekarang ini kan udah jamannya 4K ya, dan orang orang udah pad demen video yang banyak efek efeknya... bayangkan aja kalo tuntutan banyak efek itu ditanganin dengan RAM 2GB? Masuk akal, ya mungkin kalo hanya efek Dissolve sih masih ngangkat, nah kalo efek yang mlintir mlintir, ngeblur, Zooming, seperti yang di pake yutuber yutuber cinematik.. hmmm kayaknya susah deh.

Jadi usahakan untuk editing video, minimal RAM 8Gb jika VGA kamu OnBoard.
ya kalo nggak percaya sih coba aja ngedit pake RAM 2GB rasakan sendiri... hihi,
Lah bang gimana sihkan bebas 2GB yang penting bisa ngedit, Astagfirullah dek coba aja deh, kalo berdasar pembahasan 5 Hal Penyebab Proses Editing Video Lama , Emang sih bisa pake Software Editing Video Tertentu ya, yang kecil, karena ini dia speck minimal Adobe premiere Pro Saat Ini

specification requirements of Adobe Premiere Pro are as follows:

64-bit multi-core processor (Intel 6th Gen or AMD FX).
64-bit Windows 10.
2 GB VRAM.
8 GB RAM.
8 GB HDD space (additional free space required during installation).
Compatible sound card.
Internet connection (for product activation, download, updates, etc.).

Noh itu ane pake referensi dari sumbernya... Jadi ya kalo pengen cepet kerjaan editingnya, perlu deh dikit dikit kamu Investasi Alat.. Terutama RAM, Baru setelah itu VGA Tambahan yang UDAH SUPPORT CUDA  ataupun OPEN CL.

5. Belum pake SSD ya?

Oke temen temen, untuk Poin ini sebenere emang sengaja ane tempatkan di poin nomer 5 karena memang SSD masih terhitung teknologi yang baru ya di indonesia dan untuk harganya masih agak tinggi.. ehe udah turun blum yak?



Jadi apa sih itu SSD? Ane jelasin sekalian biar Fair
okeh... SSD merupakan salah satu Evolusi dari perangkat media penyimpanan, yang saat ini memang memiliki kecepatan paling tinggi diantara Hardisk, Flashdisk, emmmm CD Writter.. wkwkwk
Kelebihan SSD (Solid Slate DRIVE) sebenarnya banyak, disamping kecepatannya yang tinggi bisa mencapai 8 kali lebih cepat dibanding dengan HD, dan Juga data yang tersimpan pada SSD tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada. Artinya Sobat Buka apa sebelum dishutdown komputernya akan bisa langsung buka apa yang sobat buka sebelumnya
Kenapa SSD bisa Cepet ketimbang Hardisk? Ya Karena SSD mengakses informasi secara langsung, sedangkan hardisk mendapatkan informasi melalui disk yang berputar dan lengan yang terus mengakses sektor informasi.

SSHD SEAGATE


Tapi denger denger ada SSHD... PENJABARANNYA GINI
Kalo bahas SSHD kayaknya kita emang gak bisa kalo nggak merujuk pada sumber situs yang memang berkecimpun di dunia per tekno an atau pelaku bisnis itu sendiri, seperti yang dijelaskan Seagate untuk Hard disk solid state hibrida (SSHD) masuk ke pasaran beberapa tahun yang lalu dengan Seagate yang menjadi satu-satunya penyedia SSHD ukuran 2,5 inci untuk komputer laptop. Tiga tahun kemudian, Toshiba dan Western Digital memasuki pasar, keduanya mengirimkan produk ukuran 2,5 inci yang menyasar pasar komputer laptop.

Dan Temen temen, SSHD itu sebenarnya hanyalah penengah antara Hardisk dan SSD , artinya apa? Buat sobat yang pengen cepet tapi budget minim, SSHD bisa jadi pilihan yang cocok, tetapi sebaliknya jika sobat punya budget berlimpah.. ups cukup maksudnya buat beli SSD ya, beli SSD aja karena SSD merupakan teknlogi penyimpanan yang paing cepat untuk saat ini.



Oke sobat, semoga materi diatas bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita, buat ane sendiri maupun buat sobat semua yang baca ocehan ane diatas.. Jika ada dari sobat punya tambahan pengalaman seputar Hal Penyebab Proses Editing Video Lama bisa disematkan di kotak Komentar...


Salam Ilmu ^_^








yang di tulis oleh
Redaksi - Ilmuversity
Tahun 2019 - All Right Reserved
Facebook : Ilmuversity
Twitter : Ilmuversity
Youtube : Ilmuversity


- Dilarang Mengcopy Artikel tanpa Seizin Penulis -


Kumpulan Tutorial Microsoft Word untuk Pembuatan Tugas Akhir Skripsi, Makalah, Tesis, Disertasi, Buku

Microsoft Word, mungkin bagi kalian udah nggak asing lagi ya... apalagi bagi kalian yang saat ini sedang berjuang menyelesaikan tugas akhir mahasiswa atau yang biasa kita sebut dengan Skripsi, Makalah, Tesis, Disertasi mau tidak mau kalian dipaksa untuk mampir ke tutorial ini hehe... Bukan Gw loh yang memaksa kalian mampir kesini.. ya tentu diri kalian sendiri.. karena gw yakin kalian pada ngetik Bagaimana Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word atau Bisa juga Bagaimana Membuat Penjudulan Dokumen Rapi untuk Makalah atau SkripsiMakalah, Tesis, Disertasi  Haha atau dengan Berbagai macam Keyword yang berkaitan dengan Kepentingan Tugas Akhir...Eh Kepenulisan Juga Bisa Masuk... Bagi para penulis nih... ^_^ biar tulisannya rapi dan karya Buku, Novelnya bisa membuat Editor Tersenyum...( Karna dia nggak ngedit banyak banyak lagi .. wkwkwk )


1. Pembahasan Pertama kita akan bahas Bagaimana Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word 


Sebelumnya kita jelasin dulu ya... daftar isi merupakan “lembar halaman yang menjadi petunjuk pokok isi buku beserta nomor halaman” (KBBI V). Daftar isi biasanya diletakkan di bagian preliminer buku atau naskah karya tulis, dan tepat sebelum halaman isi dimulai. Yang dimaksud bagian preliminer sendiri adalah bagian pengantar dari isi sebuah buku, yang biasanya ditandai dengan penomoran halaman khusus—biasanya angka romawi kecil (i, ii, iii, dst.)

Fungsi Daftar Isi sendiri >
Pertama, sebagai panduan untuk mencari halaman dari suatu judul bab atau subbab dari sebuah karya tulis.
Kedua, informasi awal tentang apa saja yang akan dibahas pada buku tersebut.
Ketiga, mempermudah pembaca menemukan informasi dalam buku.

Hmm kalau karya Buku, pasti sebuah keharusan Daftar Isi itu Harus Ada, Sehingga Penulis Wajib mencantumkannya.
Tidak hanya dalam penulisan buku, seperti yang gw bilang diatas bahwa daftar isi juga penting dalam penulisan karya tulis ilmiah seperti skripsi, makalah, tesis, disertasi, dan lain-lain.

Pada bagian bab ini, kita sudah membuatkan Video Tutorial Bagaimana Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word yang semoga menjadi alternatif yang win win solution bagi kita dan bagi pembaca juga penonton.. hehe, karena kita menjadi tidak terlalu ngetik banyak, disamping itu dengan video akan lebih detail, dan bisa di ikuti langkah demi langkahnya.






2. Pembahasan Kedua kita akan bahas Bagaimana Cara Menyimpan semua Image dalam Dokumen Microsoft Word sekaligus dan Urut

Berikut ini merupakan langkah demi langkah Menyimpan Semua Gambar Dokumen Word Ke Sebuah Folder Sekaligus.

DOCX (.docx) adalah ekstensi default untuk penyimpanan dokumen Microsoft Word dimulai dari Microsoft Word 2007. DOCX adalah format file XML yang berbeda dengan ekstensi lama DOC yang merupakan format file binari. Format file DOCX mempunyai mekanisme penanganan obyek seperti gambar, photo, shape dan grafik yang berbeda dengan DOC ketika obyek tersebut disisipkan atau ditambahkan ke dokumen Microsoft Word.

DOCX adalah salah satu format file yang bisa ditemukan dengan mudah di internet. Anda dapat menggunakan penelusuran lanjutan di web browser untuk menemukan lebih cepat dokumen Word berekstensi .docx yang di-share di internet. Dokumen Word bisa memiliki cukup banyak gambar. Salah satu kelebihan dari dokumen Word berekstensi .docx adalah Anda dapat menyimpan atau mengekstrak semua gambar ke dalam sebuah folder sekaligus.

Pada bagian bab ini, kita sudah membuatkan Video Tutorial Menyimpan Semua Gambar Dokumen Word Ke Sebuah Folder Sekaligus di Microsoft Word yang semoga menjadi alternatif yang win win solution bagi kita dan bagi pembaca juga penonton.. hehe, karena kita menjadi tidak terlalu ngetik banyak, disamping itu dengan video akan lebih detail, dan bisa di ikuti langkah demi langkahnya.




Sementara Segitu Dulu ya.. Untuk Request Tutorial, Bisa kalian Sematkan di Kotak Komentar ya.. Biar Tutorialnya nambah dan Kumpulan Tutorial Microsoft Word untuk Pembuatan Tugas Akhir Skripsi, Makalah, Tesis, Disertasi dan Buku nya Makin Komplit  Tenkyu.



Salam Ilmu! Jangan Lupa Subscribe CHANNEL YOUTUBE ILMUVERSITY disini Youtube Ilmuversity

Video Tutorial juga kita akan posting di Fanpage Ilmuversity di Facebook, jadi kalian bebas mau nonton dimana, terserah.. karna niat kita bagi ilmu ya.. mumpung kita bisa ngehosting video tutorial secara gratis dan tanpa biaya bulanan.. wkwkwk... kita manfatkan :D


yang di tulis oleh
Redaksi - Ilmuversity
Tahun 2019 - All Right Reserved
http://ilmuversity.pasarsambilan.com

Ilmuversity Social Media : ☑Facebook = http://facebook.com/ilmuversity ☑Twitter = http://twitter.com/ilmuversity


- Dilarang Mengcopy Artikel tanpa Seizin Penulis -



Cara Mengatasi Essential Graphics Crash Error di Adobe Premiere Pro CC



Saat membuka Essential Graphics di PPCC 2018 aplikasi mogok. Hargai bantuan / saran. Mac Pro 3.5 GHz 6-Core Intel Xeon E5, 64GB 1866 MHz DDR3 ECC. ADA KASUS SEMACAM ITU.. TERNYATA Essential Graphics Crash Error di Adobe Premiere Pro CC karena tadinya instal template essential graphic.

Berikut ini adalah Solusi Mengatasi Essential Graphics Crash Error di Adobe Premiere Pro CC tanpa kalian harus instal ulang Adobe Premiere. Simak Sampe Akhir ya,, Silahkan Nikmati mumpung belum ada iklan.. ehehe Tutorial Ini Gratis, InsyaAllah untuk mengamalkan Ilmu yang dimiliki //// ✉ Untuk Pertanyaan bisa langsung disematkan di Komentar, Kritik dan Saran juga silahkan, ////////// Ilmuversity Social Media : ☑Facebook = http://facebook.com/ilmuversity ☑Twitter = http://twitter.com/ilmuversity Tutorial dalam Bentuk Tulisan bisa diakses di Website Resmi Ilmuversity di http://ilmuversity.pasarsambilan.com










yang di tulis oleh
Redaksi - Ilmuversity
Tahun 2019 - All Right Reserved
http://ilmuversity.pasarsambilan.com
Facebook : Ilmuversity
Twitter : Ilmuversity
Youtube : Ilmuversity


- Dilarang Mengcopy Artikel tanpa Seizin Penulis -


Kumpulan Tutorial Adobe Illustrator Mudah Ilmuversity






Adobe Illustrator merupakan program editor grafis vektor yang biasa dipakai dan lebih condong ke arah art / atau seni lukis digital, dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems. Illustrator CC merupakan versi terkini program ini, generasi kedua puluh untuk produk Illustrator.

Dibandingkan dengan Corel, memang adobe illustrator punya pasarnya sendiri, karena lebih banyak digunakan oleh para artist seni digital untuk membuat karya, baik nanti nya berupa gambar poster atau sesuai namanya... ilustrasi atapun di olah jadi animasi dengan adobe after effect, karena keduanya sangat bagus untuk berkolaborasi.

Sedangkan menurut saya Corel mendiri sangat professional di pasanya yang lebih cndong ke arah percetakan atau branding perusahaan, Karena dalam hal layouting percetakan dan lebih enak saya pakai corel, selain filenya yag kecil, juga memang ini software wajib yang ada di percetakan.


Nah pada halaman ini, kita membahas khusus tentang adobe illustrator ya, Tutorial yang saya buat dari Pertanyaan yang bersliweran di jagat maya.. sehingga saya harap.. tutorial itu dapat menjawab pertanyaan kalian yang butuh jawaban ^_^


1. Bagaimana Cara Ubah Sub Layer Menjadi Layer di Adobe Illustrator? Supaya bisa di kolaborsikan dengan Adobe After Effect.



2. Bagaimana cara mengubah objek menjadi Layer di Adobe Illustrator?









yang di tulis oleh
Redaksi - Ilmuversity
Tahun 2018 - All Right Reserved
http://ilmuversity.pasarsambilan.com
Facebook : Ilmuversity
Twitter : Ilmuversity
Youtube : Ilmuversity


- Dilarang Mengcopy Artikel tanpa Seizin Penulis -


Tutorial Melakukan Live Streaming dengan Open Broadcaster Software



Saat ini untuk melakukan siaran langsung / Live STREAMING SUDAH BUKAN MENJADI HAL YANG SULIT, ENTAH ITU Live Streaming menggunakan Handphone Pintar maupun PC Desktop atau bahkan hanya melalui laptop.
Berbekal alat tambahan seperti Microphone dan Webcam, kalian sudah bisa melakukan streaming.

Ya seperti halnya Motor, dulu merupakan barang yang mewah tetapi sekarang biasa aja dan banyak orang pakai untuk memenuhi kebutuhan primer.

Begitu juga Streaming gan, Sekarang siapa saja bisa melakukan streaming di Internet, entah itu Live Streaming atau Siaran Langsung Melalui Youtube, Facebook maupun Twitch dan kemungkinan kedepan akan banyak lagi platform untuk streaming atau siaran langsung.

Lalu untuk melakukan Live Streaming / Siaran Langsung dari PC Mahal nggak sih?
Seperti yang udah dijelaskan diatas, berbekal alat PC, Microphone dan koneksi Internet kalian udah bisa streaming gan, secara gratis.
Jika kalian ingin streaming seperti para streamer professional, mudah gan.. Hanya dengan Software Gratis OBS ( Open Broadcaster Software ) yang merupakan program streaming dan rekaman cross-platform gratis dan open source yang dibangun dengan Qt dan dikelola oleh Proyek OBS. Ada versi untuk distribusi Windows, macOS dan Linux, seperti Ubuntu.

Disini Ilmuversity sebagai bentuk mengamalkan ilmu, kita berbagi pengetahuan tentang Mastering Streaming menggunakan Software Gratis / Open Source OBS.
Model pembelajaran sekarang beralih ya, kalau dulu masih full pakai Screenshot dan Tulisan, sekarang kita menggunakan media Youtube untuk berbagi pengetahuan / pembelajaran.

Berikut ini Area Kerja Software Streaming OBS 

Area Kerja Software OBS

Berikut Ini Daftar Materi Pembelajaran Live Streaming menggunakan OBS :
📚 Pembelajaran Streaming ini akan dibuat menjadi Beberapa Bagian atau Part. 1. Pengenalan Streaming dengan Software Gratis OBS




2. Pengenalan Area Kerja Software OBS



3. Praktek Langsung Sampai Material Siap untuk Live Streaming



4. Cara Streaming ke Akun Youtube kalian








yang di tulis oleh
Redaksi - Ilmuversity
Tahun 2019 - All Right Reserved
http://ilmuversity.pasarsambilan.com

Ilmuversity Social Media : ☑Facebook = http://facebook.com/ilmuversity ☑Twitter = http://twitter.com/ilmuversity


- Dilarang Mengcopy Artikel tanpa Seizin Penulis -


Cara membuat Blog anda Banyak dikunjungi (#1 Submit Sitemap ke Google Webmaster)


Ingin Blog kalian dikunjungi banyak orang, atau setidaknya keberadaan kalian di tingkatkan? tentu ada banyak cara untuk dapat membuat blog kalian terkenal.

Ingat ini bukan main main...jadi jika kalian memang ingin memiliki Blog yang memiliki trafik tinggi, ada beberapa cara untuk mengoptimasi agar blog kalian cepat di Index si google.

Tanpa ini.. ya sulit, memngingat saat ini persaingan di dunia inet itu tinggi.
Jutaan Post di Posting tiap Jam.. Bayangkanlah!

Kita tahu bahwa google merupakan sumber traffic terbesar saat ini, maka tak aneh jika mengoptimasi berdasarkan google itu menjadi kegemaran sendiri bagi kebanyakan pemilik blog sukses.

Ketergantungan orang terhadap si mesin pencari ini sudah tak dapat dipungkiri lagi.

Maka dari itu, disini Tips Blogger kali ini kita akan membahas salah satu trik..
ingat ini salah satu trik dan masih banyak trik lainnya lagi diluar sana sebagai jalan buat anda mengoptimasi blog.. yaitu dengan memanfaatkan Tool yang telah disediakan Google itu sendiri.. yaitu Google Webmaster Tool.

Bagi Anda yang belum mengetahui layanan gratis dari google ini, silahkan melihat Cara Menggunakan Webmaster Tools dan Cara Membuat Blog ke Google, yang kita Posting dalam bentuk Video Tutorial di Channel Youtube kita.
Anda harus mengikuti langkah itu terlebih dahulu jika ingin mengikuti pembahasan kali ini, Apalagi jika anda membaca dan anda tak punya blog...
Ya nggak bakalan nyambung deh... Ini masnya Posting Apaan Sih!!!! 

Submit Banyak Sitemap Sekaligus ke Google Webmaster Tools.

Oke sebelum lebih jauh, kita harus mengenal..

Apa itu Sitemap???


Sitemap adalah Indeks atau daftar URL sebuah situs beserta metadata-nya. Ibarat kelurahan, sitemap adalah daftar warganya, jika nantinya ada pembagian sembako, dengan mengetahui jumlah warganya maka akan mudah memetakan pembagian secara adil.

Begitu juga sitemap / Peta Situs ini. Dengan memberitahukan isi Peta Situs ke Google, akan dengan mudah google melakukan crawl atau perayapan ke blog kita. Namun harus dipahami, peta situs yang kita bicarakan kali ini bukan sitemap/peta situs yang biasa kita buat dan pasang sebagai widget di blog, namun sitemap blog yang berupa file XML.

Karena keutamaannya itu, maka penting situs atau blog kita didaftarkan ke Google Webmaster Tools agar cepat terindex google, dan tentu ini adalah Tips SEO paling mudah dan ampuh.

Berikut ini

Cara Submit Sitemap ke Google Webmaster Tools


  1. Langkah pertama yang kita lakukan adalah mengunjungi situs Google Webmaster Tools.
  2. Pilih blog yang ingin Anda optimalisasikan sitemapnya. 
    Kalau kalian belum menambahkan Blog kalian, silahkan Pencet bagian Add A Property, lalu masukkan alamat situs / blog kalian. Setelah itu Klik Blog kalian. Kalau Pada contoh diatas, saya akan meng klik http://ilmuversity.pasarsambilan.com
  3. Pada dashboard, pilih Crawl lalu klik Sitemaps. maka Akan muncul tampilan sitemaps. Dipojok kanan atas klik kotak berwarna merah dengan tulisan Add/Test Sitemap. 
  4. Setelah itu isikan kode-kode dibawah ini lalu klik Submit Sitemap (Anda juga bisa mengetesnya terlebih dahulu).  feeds/posts/default?orderby=updated untuk kalian yang menggunakan rss feed atau sitemap.xml jika website kalian menggunakan xml / buat website sendiri.
  5. Jika Anda berhasil mengirimnya, google akan menunda sementara waktu pengindex-an. Waktunya kurang lebih 24 jam sejak disubmit, tapi biasanya cepet kok, dari pengalaman penulis, jika jumlah artikel kurang dari seratus, waktu yang dibutuhkan paling lama hanya enam jam.
Lho.. kok yang ke Index cuma 26, nah tu.. untuk mengatasi hal itu, kita bisa menggunakan

Cara Mensubmit Sitemap dengan Banyak Postingan Blog 

  1. Jika postingan blog Anda masih kurang dari 500 namun jumlahnya sudah ratusan, bisa menggunakan kode ini
    atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  2. Jika postingan blog Anda lebih dari 500 dan dibawah 1000, masukkan kode ini satu persatu
    atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
    dan
    atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500
  3. Jika postingan Anda lebih dari 1000, gunakan metode diatas untuk setiap kelipatan 500 artikel.
Oke dengan menggunakan cara diatas, setidaknya anda telah berhasil melakukan optimasi blog dasar agar blog anda menjadi SEO Friendly dan mudah dirayapi oleh google. Sehingga DENGAN MENERAPKAN CARA DIATAS SAJA, anda sudah bisa fokus untuk membuat artikel berkualitas.

Nah.. seperti itulah sob.. semoga dapat bermanfaat ya..


yang di tulis oleh
Redaksi - Ilmuversity
Tahun 2018 - All Right Reserved
http://ilmuversity.pasarsambilan.com
Facebook : Ilmuversity
Twitter : Ilmuversity
Youtube : Ilmuversity


- Dilarang Mengcopy Artikel tanpa Seizin Penulis -


Kumpulan Tutorial Editing Video EDIUS Pro Dari Dasar


Edius merupakan software Editing Video yang biasa digunakan Studio Broadcast dan Tv.

Tampilan yang simple dengan Efek Transisi dan Video yang Kaya ( menurut saya dulu ) , menjadikan Software ini menjadi Primadona pada masanya.

Workspace dibagi menjadi 4 bagian besar yaitu:
- Preview panel di kiri atas
- Effect panel di kanan atas
- Timeline panel di kiri bawah dan
- Information panel di kanan bawah

EDIUS saat ini sudah mencapai Versi 9, tetapi TS sendiri masih familiar dengan yang versi 6. Edius ini merupakan non-linear editor (NLE), ya sama deh kayak Adobe Premiere. Jadi kalian bisa lebih eksplore dalam hal mengedit Video.

Untuk Edius sendiri berjalan di Platform Windows.,.. jadi lebih familiar kan.. hehe, mengingat pengguna Windows Banyak.

Perangkat lunak ini mampu mengedit 3D. Perangkat lunak ini dilengkapi dengan banyak koleksi alat, termasuk NEWBlue Video Filters, efek video proDAD bersama dengan stabilisasi gambar untuk pemotretan yang tidak stabil dan untuk penguasaan audio memerlukan plug-in audio VST iZotope seperti Audio Effects Suite, AudioRestore, AGC & Mastering Effects Suite .

Edius awalnya dikembangkan oleh Canopus Corporation yang berbasis di Jepang dan pertama kali diperkenalkan untuk Windows XP pada tahun 2003. [1] Pada tahun 2005, Canopus Corporation dijual ke Grass Valley. Versi pertama yang dirilis oleh Grass Valley adalah Edius 4.0. Edius 5.5 (dirilis sekitar 2010) adalah versi pertama yang mendukung Windows Vista dan Windows 7. Versi pertama untuk mendukung Windows 8 (dan yang pertama kali ditemukan juga dijalankan pada Windows 10) adalah Edius 6.5 (dirilis Juni 2012). Versi saat ini (pada 2018) adalah Edius 9.

Ya cukup segitu ya.. pengantar EDIUSnya.. capek nulisnya.

Ok, langsung saja.. disini kita sudah membuatkan tutorial pengantar EDIUS bagi kalian yang belum familiar atau belum mengenal.. tutorial ini sangat cocok untuk anda.

Pada tutorial Dasar yang kita sampaikan ini, kita membaginya dalam 7 Sesi :

1. Cara Membuat Project Baru di EDIUS





2. Pengenalan Area Kerja EDIUS Editing Video



3. Cara Melakukan Import Source ke Edius Video Editing ( dalam sesi ini, kita juga menyampaikan sesuatu yang patut di waspadai agar project anda selamat )



4. Cara Memotong Video di Edius PRO



5. Cara Memberi Efek Transisi pada Video di EDIUS Pro Editing



6. Cara Memberi Title pada Video di EDIUS Pro Editing



7. Cara Melakukan Rendering Project di Edius.




Jika kalian mengalami kesulitan tentang memahami tutorial tersebut.. silahkan bisa layangkan komentar dibawahnya.





yang di tulis oleh
Redaksi - Ilmuversity
Tahun 2018 - All Right Reserved
http://ilmuversity.pasarsambilan.com
Facebook : Ilmuversity
Twitter : Ilmuversity
Youtube : Ilmuversity


- Dilarang Mengcopy Artikel tanpa Seizin Penulis -



Tutorial Adobe Premiere




Tutorial Blogger