10 Keyboard Shortcut Penting untuk Editor Video di Adobe Premiere




Sebagian besar aplikasi memang memiliki pintasan keyboard yang fungsinya tentu mempercepat proses kinerja sobat, Seperi yang udah ane jelasin di posting sebelumnya tentang Hal apa saja yang membuat Editing Video kita Lama. Seharusnya editor video tahu bahwa menggunakan pintasan untuk tindakan yang berulang seperti memutar rekaman, menetapkan titik masuk dan keluar, memasukkan, dan memotong, sangat penting.




Adobe Premiere Pro juga memiliki ratusan perintah yang tidak dipetakan secara default, jadi menghabiskan beberapa menit di jendela Pintasan Keyboard untuk memetakan tata letak khusus sobat dapat mengubah lebih banyak waktu pengeditan menjadi waktu yang kreatif buat sobat.

Berikut adalah 10 cara pintas default yang harus sobat ketahui, dan 10 cara pintas yang layak pemetaan, dari beberapa pengalaman yang ane alamin :

10 Pintasan Keyboard Default yang Berguna
Ini berfungsi dengan tata letak default. Buka menu File (atau menu Premiere Pro CC di Mac) dan pilih Pintasan Keyboard> Preset Layout Keyboard> Adobe Premiere Pro Default jika belum dipilih.

1. Untuk memperluas dan meminimalkan trek audio maupun video Sobat, gunakan Shift + = / -. Ctrl + = / - (Cmd + = / -) hanya menangani tinggi trek video, dan Alt + = / - (Opt + = / -) hanya tinggi track audio. Ingat ya, ( shortcut ini Berfungsinya di TimeLine )

2. Tombol backslash (\) akan memperbesar urutan Sobat untuk menampilkan semua yang ada di timeline. Jauh lebih cepat daripada menekan - dan + bar gulir. Jadi kayak menampilkan keseluruhan timeline secara langsung. ( Ingat ya, shortcut ini Berfungsinya di Program Monitor dan TimeLine )

3. Menyetel poin Masuk dan Keluar pada Source Monitor dengan tekan I untuk awal dan tekan O untuk akhir. Anda dapat menghapus poin Masuk dan Keluar dengan Ctrl + Shift + I (Opt + I), Ctrl + Shift + O (Opt + O), dan Ctrl + Shift + X (Opt + X) untuk keduanya. ( Ingat ya ini untuk Source Monitor )

4. X akan menandai klip di bawah Playhead, tetapi tombol / (garis miring) akan mengatur Masuk dan Keluar di sekitar semua klip yang saat ini telah Anda pilih.

5. D adalah pintasan keyboard untuk Select Clip at Playhead. Sangat bermanfaat!

6. Untuk Hapus Pilihan Semua klip, efek, atau apa pun yang dipilih / Deselect, tekan Shift + Ctrl + A (Shift + Cmd + A di Mac).

7. Menekan Ctrl + K (Cmd + K) memotong klip menjadi dua. Fungsi Ini seperti menggunakan Razor Tool (c) sob, hanya lebih cepat. Ini berfungsi pada trek aktif. Tambahkan tombol pengubah Shift, dan Anda memotong semua klip di bawah Playhead menjadi dua, jadi nggak hanya trek aktif saja.

8. Ripple Trim Previous Edit to Playhead (Q) dan Ripple Trim Next Edit to Playhead (W) sangat diperlukan untuk melakukan pemotongan kasar. Cukup gerakkan Playhead ke tempat Anda ingin potong, tekan Q atau W, dan wilayah antara Playhead dan edit sebelumnya atau berikutnya akan dihapus dan ini seperti halnya kalian motong lalu ripple delete... ini udah langsung ripple delete ( hehe ) tapi yo beda rek...kalo ini dia langsung motong sampai ada video yang berbeda atau potongan video lain. Jenis pemangkasan ini disebut Penyuntingan Top & Tail Editing, dan sejauh ini merupakan cara tercepat untuk menghapus bagian-bagian yang tidak diinginkan dari sebuah klip. Fakta menyenangkan: Insinyur Adobe menambahkan perintah ini atas permintaan The Cool Stuff di penulis Premiere Pro Jarle Leirpoll.

9. F adalah untuk Match Frame. klik klip apa pun secara berurutan dan tekan F untuk membuka klip master di Source Monitor pada frame yang sama persis seperti klip yang di klik tadi.

10. Yang sebaliknya Perintah F tadi yaitu perintah Reverse Match Frame. Saat playhead diaktifkan pada bingkai di Source Monitor, Shift + R membawa Playhead yang ada di Program Monitor sama letak playheadnya seperti yang ada di Source Monitor. Terus tekan Shift + R, dan Anda akan menggilir semua contoh frame itu secara berurutan. Manteb kan... ini berguna banget ketika video di timeline atau di program monitor sobat udah dikasih banyak efek zooming bahkan.


Nah Jadi seperti itu ya sobat tips tentang Editing Video Menggunakan Adobe Premiere kali ini, jangan lupa seperti biasa jika ada tambahan, silahkan sobat taruh tambahan itu di kotak komentar.


Salam Ilmu



yang di tulis oleh
Redaksi - Ilmuversity
Tahun 2019 - All Right Reserved
Facebook : Ilmuversity
Twitter : Ilmuversity
Youtube : Ilmuversity


- Dilarang Mengcopy Artikel tanpa Seizin Penulis -


0 Comments

Post a Comment


Tutorial Adobe Premiere




Tutorial Blogger