Home » » Mengenal (Adobe Flash CS5) sebagai Tools Pengolah Multimedia

Mengenal (Adobe Flash CS5) sebagai Tools Pengolah Multimedia

Written By Ilmuversity on Wednesday, June 24, 2015 | 4:24:00 PM

Program Flash berbasis vektor grafis, jadi aksesnya lebih cepat dan terlihat halus pada skala resolusi layar berapapun. Program ini juga dapat diisi dengan bitmap yang di-impor dari program lain. Salah satu keunggulannya adalah ukurannya yang begitu kecil namun dapat menampilkan animasi web yang mengagumkan. Flash juga mempunyai kemampuan untuk membuat animasi secara streaming, yaitu dapat menampilkan animasi langsung meskipun proses download dan loading belum selesai seluruhnya. Selain itu, dengan Flash juga dapat dibuat movie kartun dan aplikasi web interaktif yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi langsung dengan aplikasi yang dibuat. Movie Flash juga bisa memasukkan unsur interaktif dalam movie-nya dengan Action Script (bahasa pemrograman di Flash) sehingga user bisa berinteraksi dengan movie melalui keyboard atau mouse untuk berpindah ke bagian-bagian yang berbeda dari sebuah movie, memindahkan objek-objek, memasukkan informasi melalui form, dan operasi-operasi lainnya.

                Adobe Flash sendiri dulunya bernama “Macromedia Flash” yang dikembangkan oleh Macromedia, tetapi sekarang dikembangkan dan didistribusikan oleh Adobe System. Memang sejak tahun 1996, flash menjadi metode populer untuk menambahkan animasi dan interaktif pada website, seiring berkembangnya waktu , seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa flash sekarang telah berkembang menjadi software/tool yang digunakan untuk keperluan pembuatan multimedia interaktif yang handal.
Berikut riwayat perkembangan ADOBE FLASH ketika masih dikembangkan Macromedia :

-    FutureSplash Animator ( 10 April 1996 )
-    Flash 1 ( Desember 1996 )
-    Flash 2 ( Juni 1997 )
-    Flash 3 ( 31 Mei 1998 )
-    Flash 4 ( 15 Juni 1999 )
-    Flash 5 ( 24 Agustus 2000 ) – sudah mulai menggunakan ActionScript 1.0
-    Flash MX ( Versi 6 ) ( 15 Maret 2002 )
-    Flash MX 2004 ( Versi 7 ) ( 9 September 2003 ) – ActionScript 2.0
-    Flash MX Professional 2004 ( Versi 7 ) ( 9 September 2003 )
-    Flash Basic 8 ( 13 September 2005 )
-    Flash Professional 8 ( 13 September 2005 )

Setelah itu Flash dikembangkan dan didistribusikan oleh Adobe System sampai sekarang ini :
-    Adobe Flash CS 3
-    Adobe Flash CS 4
-    Adobe Flash CS 5
-    Adobe Flash CS 5.5
-    Adobe Flash CS 6

Ingat, Tool ini memiliki kelemahan yang harus diketahui sebelum belajar lebih dalam tentang adobe flash, yaitu :
o   Project Flash yang dibuat di Versi lebih tinggi tidak bisa di Buka di Program Flash dengan versi lebih rendah! Misal anda buat Project Flash di Adobe CS 6, Lalu anda mau buka file project fla itu dengan Adobe CS 3 “ Jelas akan muncul pesan Error atau File tidak dikenali “.
o   Actionscript 1,2 tidaklah sama dengan Actionscript 3. Sehingga ketika anda ingin mempelajari Actionscript harus memilih salah satu, tidak bisa di gabungkan.
o   Sebelum menginstal program, ketahui dulu requirement PC anda. Karna semakin tinggi versi Adobe Flash, Specifikasi PC yang dibutuhkan semakin tinggi. Jadi kalau specifikasi PC anda rendah. Jangan Instal Adobe Flash dengan Versi tinggi jika tidak mau Hang PC nya.


                Untuk Kelebihanannya program Adobe Flash adalah mampu membuat tombol interaktif dengan sebuah movie atau objek yang lain. Adobe Flash mampu membuat perubahan transparansi warna dalam movie. Adobe Flash mampu membuat perubahan animasi dari satu bentuk ke bentuk lain dan mampu membuat gerakan animasi dengan mengikuti alur yang telah ditetapkan. Dengan Adobe Flash, file dapat dikonversi dan dipublikasikan (publish) ke dalam file aplikasi Projector (exe).


Sekian untuk materi " Pengenalan Adobe Flash "  






Ilmuversity
World of Knowledge
Twitter : @Ilmuversity

Youtube : Ilmuversity




Advertisement

0 komentar:

Post a Comment



Kumpulan Tutorial Tentang Adobe Premiere






Kumpulan Tutorial Tentang Blogger






Kumpulan Tutorial Tentang Windows





Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus