Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisa Penyebab kinerja PC / komputer menurun / bermasalah


Analisa Kinerja PC




PC / komputer sekarang ini sudah merupakan salah satu perangkat yang sudah umum dan banyak digunakan, digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan komputasi yang saat ini sudah menjadi hal yang lazim.

Tak jarang kinerja PC/KOMPUTER menjadi sangat penting, tak jarang juga yang pekerjaannya jadi tersendat sendat karena konerja PC yang lambat atau bahasa Gaulnya "Lemot".
Dan menggelikannya pula, ada yang sampai membanting layar monitor karena PC malah jadi blue screen. Haha, padahal kan PCnya yang jadi permasalahan, bukan monitornya yak... hehe

Apa aja sih yang menjadi penyebab kinerja komputer atau PC lemot atau terasa Menurun?

Dari beberapa analisa, Kinerja PC Menurun selain Faktor Hardware, itu juga bisa terjadi karena faktor software dan brainware itu sendiri.

Dari hardware kita bisa analisa, 

- Processor yang  Over atau kurang Thermal Paste / pendingin sehingga mudah panas
- Ram Memory yang sudah berumur atau kotor
- Hardisk yang ada kerusakan , bootsector atau sudah berumur lebih dari 5 tahun
- Kipas Pendingin yang minim atau tersumbat karena kotor
- Sirkulasi Udara PC tidak normal

Dari software kita bisa analisa,

- terlalu banyak service yang dijalankan
- terlalu banyak aplikasi di startup
- virus,
- terlalu banyak junk/file sampah pada temporary
- sistem operasi yang dipakai tidak sesuai dengan spesifikasi PC, Misalnya anda memakai windows 8... sudah dibelain beli mahal mahal, eh ternyata pc dirumah anda specnya Prosessor, ram dan hardisk tidak sesuai dengan spesifikasi minimal yang disarankan.
-terlalu banyak antivirus. Ingat untuk keamanan tidak mest memasang banyak antivirus, sehingga komputer anda bisa aman dari virus. karena kadang hal itu dapat menyebabkan Crash atau bluescreen dan hang. sAtu antivirus aja cukup.


Dari brainware kita bisa analisa,

-brainware / anda tidak memperhatikan spec komputer anda sehngga anda  dengan tanpa sadar membuka terlalu banyak task. (Multi tasking) nah jika komputer anda specnya tinggi, itu tidak menjadi masalah, tetapi jika specnya rendah. misal ram 1gb anda paksa multi task sampai 5 program yang membutuhkan grafis tinggi... ya jelas komputer anda akan nge hang atau ngelag bahkan bluescreen.
-brainware/anda terlalu PD mencoba coba aplikasi yang anda tidak tau asal usul secara lebih rinci, anda asal instal aja, sehingga kalau kena virus ya anda akan kebingungan.

Nah ituu merupakan beberapa analisa kesalahan yang biasanya terjadi dan di tanyakan user yang kebingungan dengan kinerja komputernya yang tiba tiba menurun dan bermasalah.

nah jika anda ada analisa lain yang menjadi penyebab menurunnya kinerja komputer, anda bisa berbagi solusi dan analisa di kotak komentar yang tersedia.




Ilmuversity
World of Knowledge
Twitter : @Ilmuversity
Youtube : Ilmuversity

Posting Komentar untuk "Analisa Penyebab kinerja PC / komputer menurun / bermasalah"

Ilmuversity.pasarsambilan.com | Gudangnya Ilmu - ilmu keren untuk dipelajari, Bergabunglah bersama kita di Situs Resmi, Instagram @Ilmuversity, Youtube.com/c/Ilmuversity, Facebook.com/Ilmuversity | Admin | Jika ada pertanyaan DM Aja