Home » » Pendukung Surat Lamaran Kerja

Pendukung Surat Lamaran Kerja

Written By RahmanCyber on Friday, April 19, 2013 | 3:12:00 PM




Ini merupakan artikel tentang " Pendukung Surat Lamaran Kerja "

Surat lamaran kerja yang merupakan surat penjualan kemampuan diri karena menjual jasa dan kemampuan serta pengalaman diri untuk ditawarkan kepada perusahaan pencari tenaga kerja.
Yang oleh karenanya surat tersebut harus dapat menarik simpati dan perhatian sehingga menimbulkan prospective employer perusahaan pencari tenaga kerja.
Surat lamaran kerja membutuhkan pendukung surat-surat yang kesemuanya terangkum menjadi satu kesatuan yang utuh atau lengkap serta terlihat menjanjikan dari diri sipelamar.
Surat-surat pendukung tersebut diantaranya adalah:

1. Daftar riwayat hidup
2. Sutat keterangan catatan kepolisian
3. Surat pengalaman kerja
4. Surat rekomendasi
5. Surat keterangan ijin orang tua
6. Surat pernyataan
7. Surat keterangan lain

Adapun penjelasan beberapa dari masing-masing surat pendukung / lamaran kerja tersebut adalah:

1. Daftar Riwayat Hidup ( Curiculum Vitae )
    a. Pengertian
     Daftar riwayat hidup merupakan elemen penunjang yang sangat penting sebagai sarana promosi diri dan pelamar Daftar Riwayat Hidup harus memuat segala informasi atau keterangan uang semuanya mempunyai nilai jual ( selling point ) yang tinggi sehingga terlihat menarik dalam pandangan perusahaan pencari tenaga kerja.
Informasi atau keterangan didalam Daftar Riwayat Hidup dari setiap pelamar tentu berbeda mengingat latar belakang dari diri pelamar yang berbeda-beda. Latar  belakang dari pelamar secara umum meliputi pendidikan, keahlian / ketrampilan dan juga pengalaman yang dimiliki pelamar.
   b. Daftar Riwayat Hidup Yang Akan Dicampakkan
      Ibaratnya berbicara, jangan ada yang salah ucap. Berbicara yang baik adalah berisi, persuasif dan komunikati. Demikian juga dalam hal CV. Jangan sampai hal-hal di bawah ini dibuat secara mencolok:
* Menonjolkan identitas sara, keanggotaan parpol dan sejenisnya. Hal ini menghindari perlakuan diskriminatif terhadap anda oleh penyeleksi maupun kesan yang ditimbulkan penyeleksi terhadap anda.
* Hal-hal yang tidak enak dibaca atau ditulis. Perhatikan betul dan cari informasi tentang perusahaan itu, siapa orang-orang yang berwenang mengambil keputusan dalam lamaran anda. Rabalah apa hal-hal yang sdkiranya tidak mereka sukai. Misalnya, cita-cita yang tidak realistis, hobi yang terlalu sok gengsi, motivasi kerja yang tidak lazim dan sebagainya.
* Permintaan besarnya gaji kejuali jika pada beberapa iklan lowongan, memang diminta untuk mencantumkan. Bila demikian, cobalah untuk memberi batas atau disesuaikan dengan kebijaksanaan perusahaan.
* Permintaan fasilitas-fasilitas secara berlebihan. Sekali lagi, anda perlu menakar kualifikasi anda. Meminta berlebih tanpa kesepadanan timbal balik akan menjatuhkan martabat anda. Ingat bahwa dalam hal ini perusahaan dan anda harus win-win. Sama-sama untung !


Advertisement

0 komentar:

Post a Comment



Kumpulan Tutorial Tentang Adobe Premiere






Kumpulan Tutorial Tentang Blogger






Kumpulan Tutorial Tentang Windows





Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus