Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendukung Surat Lamaran Kerja ( Daftar Riwayat Hidup / Curiculum Vitae )




Ini merupakan artikel tentang " Pendukung Surat Lamaran Kerja "


Surat lamaran kerja yang merupakan surat penjualan kemampuan diri karena menjual jasa dan kemampuan serta pengalaman diri untuk ditawarkan kepada perusahaan pencari tenaga kerja.
Yang oleh karenanya surat tersebut harus dapat menarik simpati dan perhatian sehingga menimbulkan prospective employer perusahaan pencari tenaga kerja.
Surat lamaran kerja membutuhkan pendukung surat-surat yang kesemuanya terangkum menjadi satu kesatuan yang utuh atau lengkap serta terlihat menjanjikan dari diri sipelamar.
Surat-surat pendukung tersebut diantaranya adalah:

1. Daftar riwayat hidup
2. Sutat keterangan catatan kepolisian
3. Surat pengalaman kerja
4. Surat rekomendasi
5. Surat keterangan ijin orang tua
6. Surat pernyataan
7. Surat keterangan lain


Pada kesempatan kali ini.. kita membahas tentang kurikulum Vitae... hal ini merupakan salah satu surat pendukung dari beberapa surat pendukung lainnya diatas..

Apalagi di masa sekarang ini..., karena hal inilah yang menjadi salah satu pertimbangan untuk meletakkan lamaranmu di kelompok yang diteruskan untuk wawancara atau meletakkan ke trash... ^_^




Daftar Riwayat Hidup ( Curiculum Vitae )

   

 a. Pengertian 



     Daftar riwayat hidup merupakan elemen penunjang yang sangat penting sebagai sarana promosi diri dan pelamar Daftar Riwayat Hidup harus memuat segala informasi atau keterangan uang semuanya mempunyai nilai jual ( selling point ) yang tinggi sehingga terlihat menarik dalam pandangan perusahaan pencari tenaga kerja.

Informasi atau keterangan didalam Daftar Riwayat Hidup dari setiap pelamar tentu berbeda mengingat latar belakang dari diri pelamar yang berbeda-beda. Latar  belakang dari pelamar secara umum meliputi pendidikan, keahlian / ketrampilan dan juga pengalaman yang dimiliki pelamar.



b. Daftar Riwayat Hidup Yang Akan Dicampakkan



      Ibaratnya berbicara, jangan ada yang salah ucap. Berbicara yang baik adalah berisi, persuasif dan komunikati. Demikian juga dalam hal CV. Jangan sampai hal-hal di bawah ini dibuat secara mencolok:
  1. * Menonjolkan identitas sara, keanggotaan parpol dan sejenisnya. Hal ini menghindari perlakuan diskriminatif terhadap anda oleh penyeleksi maupun kesan yang ditimbulkan penyeleksi terhadap anda.
  2. * Hal-hal yang tidak enak dibaca atau ditulis. Perhatikan betul dan cari informasi tentang perusahaan itu, siapa orang-orang yang berwenang mengambil keputusan dalam lamaran anda. Rabalah apa hal-hal yang sdkiranya tidak mereka sukai. Misalnya, cita-cita yang tidak realistis, hobi yang terlalu sok gengsi, motivasi kerja yang tidak lazim dan sebagainya.
  3. * Permintaan besarnya gaji kejuali jika pada beberapa iklan lowongan, memang diminta untuk mencantumkan. Bila demikian, cobalah untuk memberi batas atau disesuaikan dengan kebijaksanaan perusahaan.
  4. * Permintaan fasilitas-fasilitas secara berlebihan. Sekali lagi, anda perlu menakar kualifikasi anda. Meminta berlebih tanpa kesepadanan timbal balik akan menjatuhkan martabat anda. Ingat bahwa dalam hal ini perusahaan dan anda harus win-win. Sama-sama untung !


 



Bagaimana Membuat CV yang Keren?



Kalian bisa menggunakan berbagai aplikasi yang ada di internet atau bisa juga desain sendiri...
CV yang menarik juga bisa menjadi pertimbangan, terlebih jika perusahaan yang kamu tuju adalah Perusahaan kreatif.





Kalian bisa pilih dan pelajari...




Buat Akun di Linkedin!



Akan lebih baik lagi jika kalian memiliki akun Linkedin.. kenapa ini perlu? sekarang ini adalah era milenial dan generasi setelahnya, semuanya serba online.. dan Linkedin merupakan salah satu pendukung CV yang powerful! karena disitu kita bisa mencatatkan Prestasi apa yang kita capai, pekerjaan apa saja yang telah kita kerjakan sebelumnya, portofolio, sertifikasi..


Dan latar pendidikan lengkap... kita bisa cantumkan disana.. hal ini bisa jadi nilai plus.. di era digital semacam ini.

Bahkan apabila koneksi mu cukup banyak... hal itu juga bisa jadi pertimbangan.. postingan kamu dll.. karena Linkedin juga tidak hanya tempat taruh CV / Profil personal, melainkan juga sosial media professional.






Buatlah Secara REAL, tidak mengada ada


Susunlah Daftar Riwayat hidup dengan sebenar benarnya.. jangan mengada adakan sesuatu dengan tujuan agar diterima, kenapa? karena dengan kita membuat secara real, sesuai apa yang kita capai selama ini... maka dalam wawancara nanti kita bisa lebih tegap...

dan Hal itu tidaklah sulit.. JADILAH DIRIMU SENDIRI... tapi jangan  SOMBONG.










Posting Komentar untuk "Pendukung Surat Lamaran Kerja ( Daftar Riwayat Hidup / Curiculum Vitae )"

Ilmuversity.pasarsambilan.com | Gudangnya Ilmu - ilmu keren untuk dipelajari, Bergabunglah bersama kita di Situs Resmi, Instagram @Ilmuversity, Youtube.com/c/Ilmuversity, Facebook.com/Ilmuversity | Admin | Jika ada pertanyaan DM Aja